SYAIR MAKASSAR PADA MASYARAKAT DESA BONTOBUDDUNG

 

Syair merupakan salah  satu karya sastra lisan masyarakat Makassar. Pola dan timbangan yaitu 8 8 5 8. Angka 8 (delapan), baik pada yang pertama, kedua dan keempat menunjukkan bahwa baris-baris tersebut terdiri atas 8 (delapan) silabel. Demikian pula dengan angka 5 (lima) yang menunjukkan bahwa pada baris ketiga syair ini terdapat 5 (lima) silabel.

 

Misalnya dalam syair

 

Karaeng mappajariyya : ᨀᨑᨕᨙ ᨆᨄᨍᨑᨗᨐ

Nisombayya tojeng tojeng : ᨊᨗᨔᨚᨅᨐ ᨈᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ

Tena rapanna : ᨈᨙᨊ ᨑᨄᨊ

Taena sampajulukna : ᨈᨕᨙᨊ ᨔᨄᨍᨘᨒᨘᨊ

 

Polanya mirip dengan syair 1000 (seribu) bait karangan Ilmuwan dan Sastrawan Arab keturunan Persia yaitu Syeikh Sibawaihi. Hal ini menjelaskan bagaimana pertautan yang erat antara budaya Makassar dengan besarnya pengaruh Arab terkhsusus agama islam. Kumpulan syair berikut ini merupakan kumpulan syair yang sarat dengan pesan-pesan agama Islam. Syair-syair ini adalah syair yang banyak dituturkan masyarakat Makassar yang tinggal di daerah Desa Bontobuddung dan sekitarnya, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Syair ini bukan hanya menjadi pesan dan nasihat, tetapi lebih dari itu. Kita bisa lihat pola syairnya merupakan cara yang efektif dalam pembelajaran dan terintegrasi dengan budaya setempat. Syair tidak didengungkan dengan bahasa Arab walaupun pesan yang ingin disampaikan adalah pesan islam yang berasal dari tanah Arab. Lontara menjadi pengikat syair ini dan bukan menggunakan skrip Arab maupun Latin. Sehingga pesan pembelajaran ini tetap sampai dan terakulturasi dengan baik dengan budaya lokal. Syair ini setiap huruf awalnya terdiri dari aksara Lontara Makassar sesuai abjad mulai dari KA hingga Ha. Urutan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

ᨀ Ka

ᨀᨑᨕᨙ ᨆᨄᨍᨑᨗᨐ ᨞ ᨊᨗᨔᨚᨅᨐ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ ᨞ ᨈᨙᨊ ᨑᨄᨊ ᨞ ᨈᨕᨙᨊ ᨔᨄᨍᨘᨒᨘᨊ

Karaeng mappajariya, nisombaya tojeng-tojeng, tenarapanna, taena sampajuluna

Allah Sang Pencipta, kepadaNya kita menyembah, tak ada yang menyamaiNya, tak satupun serupa denganNya

 

ᨁ Ga

ᨁᨕᨘ ᨅᨍᨗ ᨊᨗᨁᨕᨘᨀ ᨞ ᨕᨗᨐ ᨄᨑᨒᨘ ᨊᨗᨕᨘᨒ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨗ ᨕᨈᨘ ᨞ ᨔᨅᨐ ᨒᨗᨆ ᨓᨈᨘᨕ

Gau baji nigaukang, iyaparallu niulang, iyamiantu, sambayang lima wattua

Perbuatan yang baik, seharusnya diulang-ulang, yaitu, shalat lima waktu

 

ᨂ Nga

ᨂᨚᨑᨚ ᨂᨚᨑᨚᨀᨗ ᨕᨈᨚᨅ ᨞ ᨑᨗ ᨁᨙᨈᨙᨂ ᨈᨒᨔᨈ ᨞ ᨆᨈᨙᨀᨗ ᨔᨒ ᨞ ᨊᨀᨗᨔᨔᨒ ᨀᨒᨙᨈ

Ngoro-ngoroki attoba, rigentengang tallassatta, mateki sallang, nakisassala kalenta

Bergegaslah bertobat, selama masih hidup, khawatir ajal menjemput, anda akan menyesali diri

 

ᨄ Pa

ᨄᨀᨅᨍᨗᨀᨗ ᨍᨘᨊᨘᨈ ᨞ ᨄᨀᨒᨎᨗ ᨔᨈᨗᨍᨈ ᨞ ᨕᨗᨐᨄᨗ ᨕᨔ ᨞ ᨊᨆᨈᨀᨔ ᨀᨒᨙᨈ

Pakabajiki junnutta, pakalannynying satijanta, iyapa assa, namatangkasa kalenta

Cara membersihkan jasmani adalah dengan, menyempurnakan cara mandi wajib, dan menjaga kebersihan diri dari hadats besar dan kecil.

 

ᨅ Ba

ᨅᨍᨗᨄᨗ ᨕᨈᨘ ᨍᨘᨊᨘᨈ ᨞ ᨒᨎᨗᨄᨗ ᨕᨈᨘ ᨔᨈᨗᨍᨈ ᨞ ᨊᨊᨄ ᨕᨔ ᨞ ᨍᨙᨊᨙ ᨈᨘᨅᨘ ᨑᨗ ᨀᨒᨙᨈ

Bajipi antu junnutta, lannyingpi antu satinjata, nanampa assa, jekne tubu rikalenta

Syarat sah air wudhu pada diri anda adalah, suci dari hadats besar dan kecil.

 

ᨆ Ma

ᨆᨍᨕᨗᨍᨗ ᨈᨘ ᨁᨕᨘᨀ  ᨄᨔᨘᨑᨚᨕ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ ᨞ ᨕᨗᨐᨍᨗ ᨔᨘᨔ ᨞ ᨕᨒᨗᨒᨗᨐ ᨄᨄᨗᨔᨀ

Majaiji tunggaukang, passuroang tojeng-tojeng, iyaji susa, alliliyang pappisangka

Begitu banyak orang berbuat, perintah wajib agama, namun yang sulit, menjauhi larangannya

 

ᨈ Ta

ᨈᨕᨙᨊᨄᨈᨘ ᨊᨅᨍᨗ ᨞ ᨅᨈᨙᨈᨂᨙᨑ ᨔᨙᨑᨙᨕ ᨞ ᨄᨘᨊ ᨈᨙᨐᨕᨗ ᨞ ᨍᨘᨊᨘ ᨔᨈᨗᨍ ᨄᨚᨀᨚᨊ

Taenapantu nabaji, batetangngerang sarea, punna teyai, junnu satinja pokokna

Belumlah anda sempurna melaksanakan syariat, jika bukan, membersihkan diri dari hadats

 

ᨉ Da

ᨉᨑᨍᨗᨈᨘ ᨔᨅᨐᨈ ᨞ ᨄᨀᨚᨔᨗᨕ ᨔᨙᨑᨙ ᨕᨈ ᨞ ᨄᨘᨊ ᨀᨗᨌᨄ ᨞ ᨈᨀᨔ ᨅᨈ ᨀᨒᨙᨈ

Darajintu sambayangta, pakkosiang sekre ata, punna kicapa, tangkasa batangkalenta

Sia-sialah shalat anda, ibadah wajib seorang hamba, jika anda mengabaikan, kesucian tubuh diri anda

 

ᨊ Na

ᨊᨑᨚᨕᨗ ᨅᨍᨗ ᨄᨆᨈ ᨞ ᨑᨗ ᨀᨊᨊ ᨄᨀᨗᨖᨗᨐ ᨞ ᨀᨗᨈᨙᨕ ᨒᨒᨚ ᨞ ᨄᨔᨐᨘ ᨑᨗ ᨔᨘᨑᨕᨔ

Nanroibaji pahanta, rikananna pakihiya, kitealalo, pasayu risura assa

Luruskan pemahaman, terhadap pesan ahli Fiqh, agar tidak, mengabaikan ayat-ayat muhkamat

 

ᨌ Ca

ᨌᨑᨆᨙ ᨒᨚᨄᨚ ᨊᨈᨊ ᨞ ᨄᨁᨘᨒᨘᨈ ᨑᨗ ᨕᨘᨆᨊ ᨞ ᨕᨗᨐᨍᨗ ᨕᨍᨚ ᨞ ᨈᨘᨁᨕᨘᨀ ᨄᨔᨘᨑᨚᨕ

Carammeng lompo natannang, pangngulungta ri ummakna, iyajianjo, tunggaukang passuroang

Suri tauladan telah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk ummatnya, bagi umatnya adalah mengikuti perintah agama

 

ᨍ Ja

ᨍᨍᨗ ᨆᨙᨆᨀᨗ ᨕᨗ ᨀᨅᨙ ᨞ ᨕᨘᨆᨊ ᨊᨅᨗ ᨆᨘᨖᨆ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨗ ᨕᨈᨘ ᨞ ᨆᨀᨑᨙᨔᨚ ᨑᨗ ᨔᨙᨑᨙᨕ

Janji memangki ikambe, ummakna nabbi muhammak, iyamiantu, makkareso ri sekrea

Tanamkan janji dalam diri, bagi setiap umat Muhammad, yaitu ikhlas berusha dan berbuat hanya untuk Allah Yang Tunggal

 

ᨎ Nya

ᨎᨓᨈ ᨄᨄᨗᨍᨄᨘᨈ  ᨆᨉᨒᨀ ᨀᨑᨕᨙᨈ ᨞ ᨆᨎᨙᨑᨚᨀᨊ ᨞ ᨑᨗ ᨒᨒᨈ ᨆᨔᨅᨐ

Nyawata pappijaputta, mandallekang karaengta, mannyerokana, ri lalangta massambayang

Serahkan segenap jiwa raga, saat menghadap Allah dengan memandikan diri saat mendirikan shalat

 

ᨐ Ya

ᨐᨕᨗᨍᨗ ᨕᨈᨘ ᨈᨘ ᨅᨍᨗ ᨞ ᨈᨕᨘ ᨈᨗᨁᨗ ᨉᨑᨍᨊ ᨞ ᨈᨕᨘ ᨈᨘᨊᨐ ᨞ ᨊᨔᨗᨕᨙᨑ ᨔᨅᨑᨊ

Yaiji antu tu baji, tau tinggi darajatna, tau tunaya, nasierang sabbarana

Yang termasuk orang baik Lagi tinggi derajatnya, adalah mereka yang zuhud, dibarengi dengan sifat kesabaran

 

ᨑ Ra

ᨑᨖᨔᨗᨕ ᨈᨌᨚᨀᨚᨊ ᨞ ᨆᨎᨚᨅ ᨑᨗ ᨀᨑᨕᨙᨈ ᨞ ᨆᨄᨒᨉᨚᨕ ᨞ ᨑᨗ ᨒᨙᨅᨈ ᨆᨔᨅᨐ

Rahasia taccokoa, mannyomba ri karaengta, mappaladdoang, ri lebbatta massambayang

Sesungguhnya rahasia yang teragung dalam menyembah Allah SWT adalah berdoa selepas melaksanakan sholat

 

ᨒ La

ᨒᨅᨘᨔᨗ ᨅᨍᨗ ᨕᨈᨗᨈ ᨞ ᨀᨗᨄᨔᨗᨈᨘᨑᨘ ᨁᨕᨘᨈ ᨞ ᨊᨀᨗᨊᨊᨑᨚ ᨞ ᨅᨈᨑᨐ ᨑᨗ ᨔᨘᨁᨘᨕ

Lambusi baji atinta, kipassituru gautta, nakinananro, Bataraya ri sungguwa

Ikhlaskan hati, tunjukkan deengan perbuatan sambil berharap mendapat rahmat dari Allah SWT

 

ᨓ Wa

ᨓᨍᨗᨀᨗ ᨊᨗᨄᨊᨊᨘᨂ  ᨕᨈᨗᨈ ᨑᨗ ᨁᨕᨘ ᨅᨍᨗ ᨞ ᨀᨗᨈᨙᨕ ᨒᨒᨚ ᨞ ᨊᨈᨅᨕᨗ ᨀᨄᨑᨀ

Wajikki nipanannungang, atinta ri gau baji, kitealalo, natabai kapanrakang

Wajiblah hati dipelihara, untuk selalu berbuat baik semoga dengan itu, musibah tidak akan datang menimpa

 

ᨔ Sa

ᨔᨅᨐᨈ ᨄᨈᨘ ᨕᨔ  ᨕᨗᨐ ᨈᨚᨄ ᨊᨗᨈᨑᨗᨆ ᨞ ᨀᨗᨍᨑᨗᨕᨈ ᨞ ᨈᨔᨗᨔᨒ ᨀᨑᨕᨙᨈ

Sambayangta pantu assa, iyatompa nitarima, kinjariangta, tassisakla karaengta

Hanya shalat yang sah lagi diterima, yang menjadi syarat kedekatan antara seorang hamba dengan Allah SWT

 

ᨕ A

ᨕᨑᨚᨕᨗ ᨅᨍᨗ ᨄᨖᨈ ᨞ ᨈᨊ ᨅᨍᨗ ᨄᨉᨚᨆᨈ ᨞ ᨊᨀᨘᨑᨂᨂ ᨞ ᨀᨗᨄᨑᨙ ᨍᨑᨘ ᨄᨉᨚᨆ

Anroi baji pahanta, tannangbaji padomanta, nakuranganga, kipare jarung padomang

Luruskan cara berpikir, berdasarkan pedoman yang sah dalam Islam, Yaitu Alquran

 

ᨖ Ha

ᨖᨑᨂᨗᨕ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ  ᨊᨗᨀᨊᨐ ᨅᨒᨚ ᨔᨑᨚ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨚ ᨕᨔᨙ ᨞ ᨊᨗᨀᨊᨐ ᨀᨒᨅᨚᨑ 

Harangiya tojeng-tojeng, nikanayya ballosarro, iyamoasseng, nikanaya kalabborang

Sungguh telah diharamkan yang disebut Khamar, paling tidak akan merusak kehidupan bagi siapa yang meminumnya

 

Makassar, 04 Maret 2021




Comments