Syair merupakan salah satu karya sastra lisan masyarakat Makassar. Pola
dan timbangan yaitu 8 8 5 8. Angka 8 (delapan), baik pada yang pertama, kedua
dan keempat menunjukkan bahwa baris-baris tersebut terdiri atas 8 (delapan)
silabel. Demikian pula dengan angka 5 (lima) yang menunjukkan bahwa pada baris
ketiga syair ini terdapat 5 (lima) silabel.
Misalnya dalam syair
Karaeng mappajariyya : ᨀᨑᨕᨙ ᨆᨄᨍᨑᨗᨐ
Nisombayya tojeng tojeng : ᨊᨗᨔᨚᨅᨐ ᨈᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ
Tena rapanna : ᨈᨙᨊ ᨑᨄᨊ
Taena sampajulukna : ᨈᨕᨙᨊ ᨔᨄᨍᨘᨒᨘᨊ
Polanya mirip dengan syair 1000 (seribu) bait
karangan Ilmuwan dan Sastrawan Arab keturunan Persia yaitu Syeikh Sibawaihi. Hal
ini menjelaskan bagaimana pertautan yang erat antara budaya Makassar dengan besarnya
pengaruh Arab terkhsusus agama islam. Kumpulan syair berikut ini merupakan kumpulan
syair yang sarat dengan pesan-pesan agama Islam. Syair-syair ini adalah syair yang
banyak dituturkan masyarakat Makassar yang tinggal di daerah Desa Bontobuddung
dan sekitarnya, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Syair
ini bukan hanya menjadi pesan dan nasihat, tetapi lebih dari itu. Kita bisa
lihat pola syairnya merupakan cara yang efektif dalam pembelajaran dan
terintegrasi dengan budaya setempat. Syair tidak didengungkan dengan bahasa Arab
walaupun pesan yang ingin disampaikan adalah pesan islam yang berasal dari tanah
Arab. Lontara menjadi pengikat syair ini dan bukan menggunakan skrip Arab
maupun Latin. Sehingga pesan pembelajaran ini tetap sampai dan terakulturasi
dengan baik dengan budaya lokal. Syair ini setiap huruf awalnya terdiri dari aksara
Lontara Makassar sesuai abjad mulai dari KA hingga Ha. Urutan yang dimaksud
adalah sebagai berikut:
ᨀ Ka
ᨀᨑᨕᨙ ᨆᨄᨍᨑᨗᨐ ᨞ ᨊᨗᨔᨚᨅᨐ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ ᨞ ᨈᨙᨊ ᨑᨄᨊ ᨞ ᨈᨕᨙᨊ ᨔᨄᨍᨘᨒᨘᨊ
Karaeng mappajariya, nisombaya tojeng-tojeng, tenarapanna, taena sampajuluna
Allah Sang Pencipta, kepadaNya kita menyembah, tak
ada yang menyamaiNya, tak satupun serupa denganNya
ᨁ Ga
ᨁᨕᨘ ᨅᨍᨗ ᨊᨗᨁᨕᨘᨀ ᨞ ᨕᨗᨐ ᨄᨑᨒᨘ ᨊᨗᨕᨘᨒ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨗ ᨕᨈᨘ ᨞ ᨔᨅᨐ ᨒᨗᨆ ᨓᨈᨘᨕ
Gau baji nigaukang, iyaparallu niulang, iyamiantu, sambayang lima
wattua
Perbuatan yang baik, seharusnya diulang-ulang, yaitu, shalat lima waktu
ᨂ Nga
ᨂᨚᨑᨚ ᨂᨚᨑᨚᨀᨗ ᨕᨈᨚᨅ ᨞ ᨑᨗ ᨁᨙᨈᨙᨂ ᨈᨒᨔᨈ ᨞ ᨆᨈᨙᨀᨗ ᨔᨒ ᨞ ᨊᨀᨗᨔᨔᨒ ᨀᨒᨙᨈ
Ngoro-ngoroki attoba, rigentengang tallassatta, mateki sallang, nakisassala kalenta
Bergegaslah bertobat, selama masih hidup, khawatir ajal menjemput, anda
akan menyesali diri
ᨄ Pa
ᨄᨀᨅᨍᨗᨀᨗ ᨍᨘᨊᨘᨈ ᨞ ᨄᨀᨒᨎᨗ ᨔᨈᨗᨍᨈ ᨞ ᨕᨗᨐᨄᨗ ᨕᨔ ᨞ ᨊᨆᨈᨀᨔ ᨀᨒᨙᨈ
Pakabajiki junnutta, pakalannynying satijanta, iyapa assa, namatangkasa
kalenta
Cara membersihkan jasmani adalah dengan,
menyempurnakan cara mandi wajib, dan menjaga kebersihan diri dari hadats besar
dan kecil.
ᨅ Ba
ᨅᨍᨗᨄᨗ ᨕᨈᨘ ᨍᨘᨊᨘᨈ ᨞ ᨒᨎᨗᨄᨗ ᨕᨈᨘ ᨔᨈᨗᨍᨈ ᨞ ᨊᨊᨄ ᨕᨔ ᨞ ᨍᨙᨊᨙ ᨈᨘᨅᨘ ᨑᨗ ᨀᨒᨙᨈ
Bajipi antu junnutta, lannyingpi antu satinjata, nanampa
assa, jekne tubu rikalenta
Syarat sah air wudhu pada diri anda adalah, suci
dari hadats besar dan kecil.
ᨆ Ma
ᨆᨍᨕᨗᨍᨗ ᨈᨘ ᨁᨕᨘᨀ ᨞ ᨄᨔᨘᨑᨚᨕ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ ᨞ ᨕᨗᨐᨍᨗ ᨔᨘᨔ ᨞ ᨕᨒᨗᨒᨗᨐ ᨄᨄᨗᨔᨀ
Majaiji tunggaukang, passuroang tojeng-tojeng, iyaji
susa, alliliyang pappisangka
Begitu banyak orang berbuat, perintah wajib agama, namun
yang sulit, menjauhi larangannya
ᨈ Ta
ᨈᨕᨙᨊᨄᨈᨘ ᨊᨅᨍᨗ ᨞ ᨅᨈᨙᨈᨂᨙᨑ ᨔᨙᨑᨙᨕ ᨞ ᨄᨘᨊ ᨈᨙᨐᨕᨗ ᨞ ᨍᨘᨊᨘ ᨔᨈᨗᨍ ᨄᨚᨀᨚᨊ
Taenapantu nabaji, batetangngerang sarea, punna
teyai, junnu satinja pokokna
Belumlah anda sempurna melaksanakan syariat, jika
bukan, membersihkan diri dari hadats
ᨉ Da
ᨉᨑᨍᨗᨈᨘ ᨔᨅᨐᨈ ᨞ ᨄᨀᨚᨔᨗᨕ ᨔᨙᨑᨙ ᨕᨈ ᨞ ᨄᨘᨊ ᨀᨗᨌᨄ ᨞ ᨈᨀᨔ ᨅᨈ ᨀᨒᨙᨈ
Darajintu sambayangta, pakkosiang sekre ata, punna
kicapa, tangkasa batangkalenta
Sia-sialah shalat anda, ibadah wajib seorang hamba,
jika anda mengabaikan, kesucian tubuh diri anda
ᨊ Na
ᨊᨑᨚᨕᨗ ᨅᨍᨗ ᨄᨆᨈ ᨞ ᨑᨗ ᨀᨊᨊ ᨄᨀᨗᨖᨗᨐ ᨞ ᨀᨗᨈᨙᨕ ᨒᨒᨚ ᨞ ᨄᨔᨐᨘ ᨑᨗ ᨔᨘᨑᨕᨔ
Nanroibaji pahanta, rikananna pakihiya, kitealalo, pasayu
risura assa
Luruskan pemahaman, terhadap pesan ahli Fiqh, agar
tidak, mengabaikan ayat-ayat muhkamat
ᨌ Ca
ᨌᨑᨆᨙ ᨒᨚᨄᨚ ᨊᨈᨊ ᨞ ᨄᨁᨘᨒᨘᨈ ᨑᨗ ᨕᨘᨆᨊ ᨞ ᨕᨗᨐᨍᨗ ᨕᨍᨚ ᨞ ᨈᨘᨁᨕᨘᨀ ᨄᨔᨘᨑᨚᨕ
Carammeng lompo natannang, pangngulungta ri ummakna,
iyajianjo, tunggaukang passuroang
Suri tauladan telah ditunjukkan oleh Nabi Muhammad
SAW untuk ummatnya, bagi umatnya adalah mengikuti perintah agama
ᨍ Ja
ᨍᨍᨗ ᨆᨙᨆᨀᨗ ᨕᨗ ᨀᨅᨙ ᨞ ᨕᨘᨆᨊ ᨊᨅᨗ ᨆᨘᨖᨆ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨗ ᨕᨈᨘ ᨞ ᨆᨀᨑᨙᨔᨚ ᨑᨗ ᨔᨙᨑᨙᨕ
Janji memangki ikambe, ummakna nabbi muhammak, iyamiantu,
makkareso ri sekrea
Tanamkan janji dalam diri, bagi setiap umat Muhammad,
yaitu ikhlas berusha dan berbuat hanya untuk Allah Yang Tunggal
ᨎ Nya
ᨎᨓᨈ ᨄᨄᨗᨍᨄᨘᨈ ᨞ ᨆᨉᨒᨀ ᨀᨑᨕᨙᨈ ᨞ ᨆᨎᨙᨑᨚᨀᨊ ᨞ ᨑᨗ ᨒᨒᨈ ᨆᨔᨅᨐ
Nyawata pappijaputta, mandallekang karaengta, mannyerokana, ri lalangta massambayang
Serahkan segenap jiwa raga, saat menghadap Allah
dengan memandikan diri saat mendirikan shalat
ᨐ Ya
ᨐᨕᨗᨍᨗ ᨕᨈᨘ ᨈᨘ ᨅᨍᨗ ᨞ ᨈᨕᨘ ᨈᨗᨁᨗ ᨉᨑᨍᨊ ᨞ ᨈᨕᨘ ᨈᨘᨊᨐ ᨞ ᨊᨔᨗᨕᨙᨑ ᨔᨅᨑᨊ
Yaiji antu tu baji, tau tinggi darajatna, tau
tunaya, nasierang sabbarana
Yang termasuk orang baik Lagi tinggi derajatnya, adalah
mereka yang zuhud, dibarengi dengan sifat kesabaran
ᨑ Ra
ᨑᨖᨔᨗᨕ ᨈᨌᨚᨀᨚᨊ ᨞ ᨆᨎᨚᨅ ᨑᨗ ᨀᨑᨕᨙᨈ ᨞ ᨆᨄᨒᨉᨚᨕ ᨞ ᨑᨗ ᨒᨙᨅᨈ ᨆᨔᨅᨐ
Rahasia taccokoa, mannyomba ri karaengta, mappaladdoang, ri lebbatta massambayang
Sesungguhnya rahasia yang teragung dalam menyembah
Allah SWT adalah berdoa selepas melaksanakan sholat
ᨒ La
ᨒᨅᨘᨔᨗ ᨅᨍᨗ ᨕᨈᨗᨈ ᨞ ᨀᨗᨄᨔᨗᨈᨘᨑᨘ ᨁᨕᨘᨈ ᨞ ᨊᨀᨗᨊᨊᨑᨚ ᨞ ᨅᨈᨑᨐ ᨑᨗ ᨔᨘᨁᨘᨕ
Lambusi baji atinta, kipassituru gautta, nakinananro, Bataraya ri sungguwa
Ikhlaskan hati, tunjukkan deengan perbuatan sambil
berharap mendapat rahmat dari Allah SWT
ᨓ Wa
ᨓᨍᨗᨀᨗ ᨊᨗᨄᨊᨊᨘᨂ ᨞ ᨕᨈᨗᨈ ᨑᨗ ᨁᨕᨘ ᨅᨍᨗ ᨞ ᨀᨗᨈᨙᨕ ᨒᨒᨚ ᨞ ᨊᨈᨅᨕᨗ ᨀᨄᨑᨀ
Wajikki nipanannungang, atinta ri gau baji, kitealalo,
natabai kapanrakang
Wajiblah hati dipelihara, untuk selalu berbuat baik
semoga dengan itu, musibah tidak akan datang menimpa
ᨔ Sa
ᨔᨅᨐᨈ ᨄᨈᨘ ᨕᨔ ᨞ ᨕᨗᨐ ᨈᨚᨄ ᨊᨗᨈᨑᨗᨆ ᨞ ᨀᨗᨍᨑᨗᨕᨈ ᨞ ᨈᨔᨗᨔᨒ ᨀᨑᨕᨙᨈ
Sambayangta pantu assa, iyatompa nitarima, kinjariangta,
tassisakla karaengta
Hanya shalat yang sah lagi diterima, yang menjadi
syarat kedekatan antara seorang hamba dengan Allah SWT
ᨕ A
ᨕᨑᨚᨕᨗ ᨅᨍᨗ ᨄᨖᨈ ᨞ ᨈᨊ ᨅᨍᨗ ᨄᨉᨚᨆᨈ ᨞ ᨊᨀᨘᨑᨂᨂ ᨞ ᨀᨗᨄᨑᨙ ᨍᨑᨘ ᨄᨉᨚᨆ
Anroi baji pahanta, tannangbaji padomanta, nakuranganga,
kipare jarung padomang
Luruskan cara berpikir, berdasarkan pedoman yang sah
dalam Islam, Yaitu Alquran
ᨖ Ha
ᨖᨑᨂᨗᨕ ᨈᨚᨍᨙ ᨈᨚᨍᨙ ᨞ ᨊᨗᨀᨊᨐ ᨅᨒᨚ ᨔᨑᨚ ᨞ ᨕᨗᨐᨆᨚ ᨕᨔᨙ ᨞ ᨊᨗᨀᨊᨐ ᨀᨒᨅᨚᨑ
Harangiya tojeng-tojeng, nikanayya ballosarro, iyamoasseng,
nikanaya kalabborang
Sungguh telah diharamkan yang disebut Khamar,
paling tidak akan merusak kehidupan bagi siapa yang meminumnya
Makassar, 04 Maret 2021
Comments
Post a Comment